MENGOLAH TAPIOKA MENJADI DEKSTRIN

Membuat Dekstrin dari Tapioka atau Singkong tidaklah begitu sulit, beberapa cara singkat membuat Dekstrin dari Tapioka bisa dilihat dengan mudah di tulisan ini.Selain Dekstrin ini, masih banyak lagi bahan baku makanan yang dapat dihasilkan dari bahan Singkong dan Tepung Tapioka ini. Dibawah ini akan kita bahas bersama-sama.

Coba Anda perhatikan Cara singkat di bawah ini:

MEMBUAT DEKSTRIN DARI TAPIOKA
MEMBUAT DEKSTRIN DARI TAPIOKA
   
1. Sebanyak 250 kg Tepung Tapioka dimasukkan ke alat Gelatinisasi. Tambahkan air sebanyak 40% dan diaduk dengan kecepatan 40-50 rpm. Proses itu sekaligus pemanasan dengan suhu 90-100oC selama 1 jam. Alat berdiameter 78 cm dan tinggi 2 meter dengan kaki.
     
2. Proses berikutnya Hidrolisis dengan menambahkan 10 ml Asam Khlorida berkonsentrasi 32%. Asam itu diencerkan dengan 4 liter air, diaduk selama 2-3 jam dengan kecepatan 40-50 rpm sehingga menghasilkan pH 6-7.
     
3. Proses hidrolisis juga bisa dilakukan dengan menambahkan enzim alfa amilase sebanyak 0,1% dengan pengadukan selama 2-3 jam. Hasil yang diperoleh berupa Dekstrin dengan nilai DE 8.
     

4. Jika menginginkan nilai DE lebih tinggi, hidrolisis dilanjutkan lagi dengan penambahan 1 cc larutan Asam Klorida dengan waktu pengadukan 2-3 jam berkecepatan 40-50 rpm.
     

5. Larutan dipindahkan menggunakan pipa ke Tabung Evaporasi. Di tabung Evaporasi, larutan diserap kadar airnya dengan mesin berkekuatan 2,5 PK dan laju aliran 10 liter/30 menit. Jadilah larutan dekstrin.
     

6. Larutan Dekstrin yang kental dibuat menjadi bubuk dengan cara dikeringkan dengan pengering semprot atau spray dryer. Sekali masuk 20-25 liter dekstrin dan menghasilkan 8-10 kg bubuk Dekstrin per jam.
Dekstrin yang telah diperoleh diukur kadar DE-nya. Caranya dengan memberi 2 tetes larutan Metilen Blue pada dekstrin yang telah diberi air. 


Setelah warna biru terbentuk, larutan dekstrin dititrasi dengan larutan Fehling hingga warna biru hilang. Jumlah larutan Fehling yang digunakan untuk menghilangkan menjadi dasar penentuan DE.
Semoga bermanfaat.


Selain mengolah Tapioka menjadi Dekstrin seperti yang sudah tertulis dengan mudah diatas, masih banyak sekali manfaat Tepung Tapioka dan turunan pengolahan dari Singkong ini.

Tepung Tapioka banyak sekali dipakai sebagai bahan baku pada beberapa Industri bahan Makanan. Pembuatan Gula atau pemanis selain dari Tebu dan beberapa bentuk kimia industri yang bisa dihasilkan dari Singkong dan Tapioka ini.

Banyak Makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari juga merupakan hasil dari kebun singkong dan pengolahan Tepung Tapioka. Berbagai macam jenis Krupuk, Bahan baku Bakso, Makaroni, Bihun dan banyak lagi jenis makanan lainnya.

Bahkan yang masih banayk orang tidak tahu adalah, ampas atau limbah dari proses pengolahan Singkong menjadi Tepung Tapioka ini juga menghasilkan beberapa produk turunan yang tidak kalah bernilai. Ampas pabrik Tapioka yangbiasa kita sebut dengan Onggok atau Gamblong, bisa menjadi komoditas yang laku dijual terutama untuk beberapa Industri Makanan, bahan baku pembuatan Obat Nyamuk, bahan pembuatan Kue, Lem dan yang paling pasti adalah sebagai bahan baku Pembuatan pakan Ternak berkaki Empat seperti Pakan Ternak Sapi, Kambing, Babi dan masih banyak lagi kegunaannya.

Masih kurang dengan manfaat Singkong dan Manfaat Tepung Tapioka ini?. Kita akan selalu membahas apapun yang positif dan bermanfaat selain Mengolah Tepung Tapioka menjadi Dekstrin ini. Berbagai informasi lainnya akan kita tuliskan di artikel lain dalam website ini yang tidak akan kalah bagus dibanding dengan yang sudah Anda baca ini.

Dunia Agrobisnis tidakakan pernah ada habisnya dan akan selalu berkembang terus sesuai arah kebijakan dari Pemerintah kita dan peluang bisnis yang mungkin saja akan berubah setiap waktu. Mengolah Tepung Tapioka menjadi Dekstrin ini adalah salahsatu dari manfaat menarik dari Tanaman Singkong.

Terimakasih sudah bergabung dengan Komonitas Agrobisnis dan menjadi bagian dari Bisnis yang tiada hentinya ini.

Blog, Updated at: 15:53:00

0 komentar:

Post a Comment

PT.TEMANADA INDONESIA

Detail Products


Origin : Jawa Timur
Bentuk halus
Warna Coklat Tua

Origin : Jawa Tengah Indonesia
Liquid
Warna : Bening
Capacity : up to 50 Ton
Packaging : Optional
Oriented : Export & Industrial

Origin : Jawa Tengah
Bentuk: Chip | Butiran
Warna : Putih ( A )
Volume : Temporary

Origin : Lampung
Bentuk : Kasar
Warna : Putih Kekuningan
Volume : 2.000 Ton
Min.Order : 15 Ton

Agroraya Indonesia - Extra Virgin Coconut Oil. Powered by Blogger.
Info VCO - INDUSTRI ORGANIC EXTRA VIRGIN COCONUT OIL - Telp / WhatsApp : 0813 8478 5267 - 0811 818 820 - email : temanada.agro@gmail.com - www.coconose.net